Selasa, 23 Desember 2014

SAYA KUPER!

Rasanya sudah lama sekali saya tidak membaca koran, karena itu pagi tadi saya dengan sengaja mengunjungi perpustakaan yang terletak di lantai paling atas (satu lantai dengan saya) dan paling ujung barat tempat saya bekerja. Ada tiga macam koran yang tersedia setiap hari di perpustakaan: Kompas, Jakarta Post, dan Bisnis Indonesia





Saya mulai membaca dengan Jakarta Post yang menggunakan bahasa Inggris, banyak informasi yang mungkin tidak akan saya ketahui jika saya tidak membaca koran hari ini . Seperti misalnya tentang banjir yang merenggut nyawa di Sumatera Utara ataupun tentang pendakian es di Gunung Dobong, Seoul Korea Selatan. Saya juga membaca Kompas, sayangnya Kompas hari ini sedang dibaca oleh pengunjung lain sehingga saya akhirnya membaca Kompas satu hari sebelumnya. Banyak sekali informasi yang sangat berguna, wacana mengenai transisi premium ke pertamax, tentang perempuan usia 18 tahun yang menjadi damkar di Purwakarta, atau informasi tentang index saham (untuk yang satu ini mungkin saya perlu waktu lebih lama dan berpikir lebih keras untuk mencernanya, juga tentang informasi ringan dari kalangan selebritis mengenai Olivia Zallianty yang ingin membentuk Sako Pramuka.


Sore sekitar pukul tiga, karena server yang sengaja dimatikan entah karena apa oleh divisi IT, akhirnya saya kembali membaca koran di perpustakaan. Sekedar membaca Kompas hari ini yang sudah kembali terpajang pada display. Membaca tentang putri Spanyol yang digugat karena kasus penggelapan pajak atau tentang pejuang tanah adat di Kalimantan Barat. Saya membaca koran dengan teknik skimming, sehingga tida detail per kata saya resapi seperti saya membaca puisi atau prosa. Tapi membaca koran bagi saya menambah wawasan. Sepertinya besok-besok saya akan rutin berkunjung ke perpustakaan untuk membaca koran gratis. Hehehehe.

Semua informasi di atas sebelumnya tidak saya ketahui. Saya tersadar, ternyata banyak sekali hal yang tidak saya tahu. Bahkan isu-isu terkini yang ramai dibicarakan orang saya tidak tahu, kuper sekali ya saya. Saya hanya menjalani rutinitas yang menjenuhkan, tanpa sadar kalau membaca itu sangat penting. Semakin banyak membaca, semakin saya sadar begitu banyak hal yang tidak saya ketahui.

Sebaiknya dalam daftar resolusi 2015 nanti saya harus membuat resolusi membaca. Semoga selalu bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar