Jumat, 24 Januari 2014

PELAJARAN DARI SEPASANG WEDGES BERHAK TUJUH CM



Hari itu, akhirnya ku kenakan sepatu wedges berhak tujuh senti meter itu. Sepatu itu sudah ku beli hampir sebulan yang lalu. Pada dasarnya aku adalah perempuan yang jauh dari kata feminim. Jika ada skala satu hingga sepuluh, mungkin hampir seluruh orang yang mengenalku akan member nilai pada angka dua hingga empat. Ya, sejak dulu dengan gaya berbusana yang simple, celana jeans dan kaos dipadukan dengan sepatu kets atau sandal jepit dalam keseharianku. Paling mentok aku memakai flat shoes yang tidak terlalu ribet buatku Bahkan saat kuliah, aku selalu sedia sandal di dalam tas, sehabis kelas usai aku langsung mengganti sepatu yang ku kenakan dengan sandal. Begitu pula saat bekerja. 

Dengan sepatu wedges berhak tujuh sentimeter aku muncul di lobi kantor, menyapa beberapa rekan kantor yang kemudian mulai heboh dengan reaksi mereka melihat sepatuku. Seperti tidak percaya bahwa seorang aku bisa mengenakan sepatu yang jauh dari kriteriaku. Menanggapi reaksi mereka, hanya tertawa sambil sesekali balas mengejek pada mereka yang bercanda mengejekku.



Siangnya, aku dan rekan kerjaku pergi ke rumah makan dekat kantor. Sudah hampir lima jam sepatu itu tak lepas dari kakiku, rasanya kaki hingga pergelangannya pegal, mungkin karena aku tidak terbiasa menggunakan sepatu semacam itu. Sambil menyapa ibu penjual makanan, aku berkomentar tentang sakitnya kakiku. Ketika aku berbalik ke belakang menuju meja makan, aku lihat seorang bapak yang duduk dengan memegang tongkat. Seketika aku diam, duduk di mejaku menunggu pesanan datang. Bapak itu dengan tongkatnya kemudian berdiri, membayar pesanannya dan berjalan dengan tongkatnya.

Astagfirullah.. Aku masih terdiam, meski tak tahu saat berkomentar tentang kakiku, aku merasa tidak enak hati. Dalam hati, aku meminta maaf pada bapak itu, meminta maaf pada diriku sendiri. Merasa lebih bersyukur, dan wedges yang ku kenakan hari itu memberi hikmah dalam sepenggal kisah kehidupanku.

Januari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar